Minggu, 13 Desember 2015

Giveaway Update Buku

Selamat pagi!!

Menjelang akhir tahun yang penuh keberkahan tahun ini, aku kembali lagi dengan giveaway yang penuh akan hadiah ^^
Kali ini, giveaway yang aku adakan bekerjasama dengan kak admin UpdateBuku. Admin yang memiliki hati begitu baik, karena beliau menyediakan 15 buku sebagai hadiahnya giveaway kali ini!!
15 buku untuk 5 pemenang ya. Artinya masing-masing pemenang akan mendapatkan 3 buku.
3 buku tersebut bisa dipilih dari daftar buku di bawah ini. 



Kemungkinan akan ada daftar buku tambahan yang bisa dipilih nantinya oleh pemenang.


Dan untuk mempersingkat waktu, berikut rules untuk mengikuti giveaway ini;
1. Follow blog ini via GFC, email atau G+
2. Follow akun twitter @updatebuku dan @LiebeIs0503
3. Follow akuh Instagram @updatebuku
4. Share info giveaway ini melalui akun twitter kalian dengan #GAUpdateBuku dan mention @updatebuku dan @LiebeIs0503
5. Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar beserta nama lengkap, akun twitter dan domisili.
"Menurut kalian sepenting apakah sebuah info terbaru dari buku yang akan terbitkan oleh penerbit atau penulis favorite kalian, dan darimana kalian berusaha mencari update-an terbaru tentang buku tersebut?"

Contoh:
"Penting banget! Karena aku sudah lama menunggu buku baru tertiban dari penerbit haru ini, karena ini adalah buku perdana terjemahan dari Philipina! Dari semua akun sosmed yang dimiliki ole h penerbit Haru!!"

6. Giveaway ini berlangsung selama satu minggu mulai dari hari ini, tinggal 13 - 19 December 2015 pukul 23:59 WIB.

Oke. Persyaratannya gampang, kan? Good luck!!

21 komentar:

  1. Nama : Sofhy Haisyah
    Twitter : @Sofhy_Haisyah
    Domisili : Makassar

    Sepenting apakah sebuah info terbaru dari buku yang akan terbitkan oleh penerbit atau penulis favorite kalian, dan darimana kalian berusaha mencari update-an terbaru tentang buku tersebut?

    >> SANGAT PENTING, karena "emang" biasanya penerbit ataupun penulis yang sedang rilis buku baru pasti adain promosi dong ^^ Entah itu PO dengan gift limited edition, giveaway, nyebar-nyebar bocoran quotes, bahkan interview penulis dalam pembuatan buku tersebut. Senang aja, ikut dan tahu info terbaru buku seperti itu.

    Adapun tempat cari update-an tersebut, jelas melalui sosmed penerbit itu, sosmed penulis bukunya, serta blogger yang emang udah langganan baca review dan ikutan GA-nya.. ^^

    BalasHapus
  2. BINTANG PERMATA ALAM / @Bintang_Ach / Ngawi, Jawa Timur.
    .
    Berbicara mengenai buku favorit yang bakal terbit, pasti aku akan sangat excited sekali. Tidak mungkin jika sesuatu yang kita sukai akan kita abaikan begitu saja. Keinginan untuk memiliki itu pasti ada. Entah itu sekecil apa pun. Bahkan, hal seperti itu mungkin sudah menjadi sebuah keharusan. Nah, karena saking sukanya, kadang kita mau tak mau juga harus mencari info-info update tentang buku yang bakal terbit itu. Dan, menurutku itu penting sekali. Mana ada burung yang mau kehilangan sayapnya? Sekarang coba bayangkan, posisikan diri kalian sebagai sepasang suami istri yang sedang berhubungan jarak jauh. Dan kondisi istri sedang dalam keadaan hamil tua. Sementara sang Suami tengah merantau ke suatu tempat yang jauh. Otomatis, mau tidak mau kan si suami harus selalu mencari tahu tentang keadaan istri dan calon bayinya, kan? Ya, nggak? Entah itu lewat telepon langsung, lewat informasi dari tetangga atau pun saudara dekat. Tujuannya cuma satu, yaitu mencari tahu kabar tentang keadaan istri dan calon bayinya tersebut. Atas dasar apa sang suami melakukan hal demikian? Ya karena itu tadi, dia terlalu senang untuk menantikan kelahiran bayinya dan memastikan keduanya dalam kondisi yang baik-baik saja. Tak jarang apabila banyak info yang ia cari tentang bayinya tersebut menjelang hari kelahirannya.
    .
    Sama halnya dengan aku dan buku favoritku yang misal akan terbit. Ketertarikanku terhadap buku itu yang sangat besar, mau tak mau membuatku melakukan segala cara untuk mendapat info terbaru dari buku itu. Banyak info yang bisa aku dapat mengenai perkembangan buku itu. Yang pertama bisa lewat penulisnya, entah itu bertanya di socmed ataupun menghubungi si penulis langsung (itu pun kalau kita punya kontaknya). Lalu, bagaimana jika penulis susah dihubungi? Gampang, bisa tanya ke penerbit. Kepoin akun twitternya, instagramnya atau bisa juga facebooknya. Cara yang lain juga bisa lewat editor sebenarnya. Editor pasti lebih banyak tahu tentang perkembangan buku itu. Mengingat, editor mempunyai peran penting dalam pengerjaan sebuah buku dari awal hingga akhir. Dan tak jarang juga editor yang lebih dulu memberi info update tentang buku itu ketimbang penerbit atau penulisnya. Istilah lainnya, editor itu menurutku lebih dekat dengan pembaca. Pokoknya, semua orang yang ada di balik pengerjaan sebuah buku bisa kita kepoin, hehe. Tapi jangan terus menerus, entar dia keganggu dan nggak nyaman ama kita. Seperlunya aja, yang penting infonya akurat dan bisa memberi kepuasan bagi kita. Sebenarnya, aku menjawab seperti ini pun karena aku juga sering melakukan, hehehe.
    .
    .
    Wish me luck :D

    BalasHapus
  3. nama: Visca
    twitter: @Visca_Apr
    domisili: Belinyu
    "Menurut kalian sepenting apakah sebuah info terbaru dari buku yang akan terbitkan oleh penerbit atau penulis favorite kalian, dan darimana kalian berusaha mencari update-an terbaru tentang buku tersebut?"
    menurut aku info tentang itu sangat lah penting, apalagi kalo penulis favorite aku mau nerbitin buku baru, bisa ngabisin waktu berjam-jam di internet cuma buat nyari info tersebut. dan biasanya aku sering nyari informasi seputar penerbit atau penulis favorite di twitter, selain lebih mudah di twitter juga kan sering banget pihak penerbit share tentang buku baru yang mau mereka terbitin. :)

    BalasHapus
  4. nama lengkap: risma ariesta
    akun twitter: @sayonalaanata1
    dan domisili: magelang

    Menurut ku, sebuah info terbaru dari buku yang akan terbitkan oleh penerbit Gagas Media oleh Bernard Batubara sepenting memakan makanan harus pakai garam. Penting sekali merasakan sensasi awal gimana buku itu terbit, gimana proses nulisnya, gimana konflik yang ada di dalam buku itu. Dan kenapa aku suka Gagas Media dan Bernard Batubara? Keduanya menurutku romantis gitu :)

    Buat nyari update an terbaru pastilah dari akun twitter Gagas Media dan bang Bara dong, mereka soalnya kekinian banget :D hehe

    BalasHapus
  5. nama lengkap : Annisa Zulfa Nur Azza
    akun twitter : @annisa_nurazza
    domisili : Bojonegoro - Jawa timur

    "Menurut kalian sepenting apakah sebuah info terbaru dari buku yang akan terbitkan oleh penerbit atau penulis favorite kalian, dan darimana kalian berusaha mencari update-an terbaru tentang buku tersebut?"

    jawab : Penting pake bangeet ... gak bisa diabaikan. soalnya jelas kan pengin tahu ceritanya kaya gimana ? terus tema nya apa? sampai tokoh yang diangkat seperti apa ?? dan Yang paling penting KAPAN TERBITNYA ???

    Biasanya sih cari info ya di mbah google , diakun sosmed nya penerbit sama penulisnya. Itu udah pasti banget dari situ. tapi kadang kalau belum puas masih cari lagi di tempat - tempat lain yang kira - kira menunjukkan gimana isi novelnya lebih dari yang sebelumnya. Pokoknya gak mau berhenti sampe bener - bener dapetin info yang detail . Ibaratnya tuh kayak ngejar - ngejar gebetan ... gak akan berhenti kalau belum dapet gebetannya #etsaahhh :v hahaha ... Selama bendera kuning belum menggantung hati - hati ditikung . Selama belum dapet infonya , jangan harap aku mau matiin laptopnya. anggap aja nyambung pantunnya :D

    BalasHapus
  6. Nama: Evita Menur Fauziah
    Twitter: @evitta_mf
    domisili: Jogja

    Menurutku penting sekali informasi tentang buku baru dari penerbit maupun penulis.
    Yang pertama, saat buku akan terbit tentu saja penerbit maupun penulis buku wajib menyebarkan informasi supaya pembaca tahu kalau sebuah buku baru akan terbit. Ini juga termasuk salah satu strategi promosi yang dilakukan oleh banyak penerbit dan penulis. Biasanya sebulan atau 2 minggu sebelum terbit, sebuah buku bakal diinfokan dimedia sosial seperti website, twitter, instagram, facebook, blog, dll bisa dalam bentuk blubr buku ataupun cover buku. Dengan begitu pembaca akan penasaran dan tertarik untuk membeli buku tersebut saat terbit di toko buku. Apalagi ketika buku yang akan diterbitkan ditulis oleh penulis yang kita sukai, biasanya pembaca sudah mengumpulkan uang untuk membelinya jauh-jauh hari.
    Yang kedua, memberikan informasi tentang buku yang akan terbit sangatlah penting. Bayangkan jika tidak ada informasi, tidak ada blogtour, tidak ada PO buku, dan penerbit serta penulis cuma diam saja, sudah dapat dipastikan kalau buku tersebut tidak aakn laku dipasaran. Saya jadi ingin memberi contoh seperti Bernard Batubara, ia selalu memberikan informasi-informasi tentang novel yang sedang ia tulis, kapan terbit, blurb novelnya, bahkan ia juga meminta pendapat dari pembaca untuk memilih cover novel terbarunya. Ia melibatkan pembaca dalam proses terbitnya sebuah novel. Menurut saya itu strategi yang baik untuk membuat para pembaca penasaran dan ingin membeli novel-novelnya.

    Untuk mendapatkan informasi tentang novel biasanya saya dapatkan dari twitter, instagram dan blogtour. Karena saya banyak memfollow akun penulis dan penerbit. Dari sanalah informasi terbesar yang bisa saya dapatkan tentang buku baru. Sepertinya media sosial lebih besar jangkaunnya untuk menginfokan buku baru dari pada website milik penerbit.

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Nama: Didi Syaputra
    Akun Twitter: @DiddySyaputra
    Domisili: Tembilahan, Riau

    "Menurut kalian sepenting apakah sebuah info terbaru dari buku yang akan terbitkan oleh penerbit atau penulis favorite kalian, dan darimana kalian berusaha mencari update-an terbaru tentang buku tersebut?"

    Sangat teramat penting. Karena jujur saja, Saya sangat maniac terhadap sesuatu yang disukai, terlebih mengenai buku, nggak jarang Saya menghemat biaya makan cuma buat beli buku, maklum saja Mahasiswa kosan plus pengangguran, Hehe XD. Penerbit yang sangat Saya favoritkan adalah Republika, so nggak aneh kalau Saya terus-terusan memata-matai timeline Penerbit ini, selain karena karya diterbitkan memang benar-benar berkualitas, selalunya buku-buku yang diterbitkan tebel banget, nggak rugi kalau beli, puas banget bacanya, Hehe. Dan lagi, dua penulis favorit Saya menerbitkan buku-bukunya di sini; Habiburrahman El-Shirazy dan Tere Liye. Dua penulis yang selalu Saya pantau karya-karyanya, hanya saja sayangnya belum semua karya mereka bisa Saya koleksi, lagi-lagi karena duit, hiks ;(.

    Untuk informasi update-an Saya selalu memercayakannya pada timeline Twitter penerbit; @bukurepublika atau timeline penulis langsung @KangAbik. Karena di twitter update-annya sangat jelas, semua karya di-update sesuai kriterianya, nggak dilebih-lebihkan, 100% percaya dengan tuit-an mereka. Kalau untuk endors/sinopsis/review karya-karya mereka Saya biasanya Tour dari blog ke blog atau search via Google enggine, bahkan Saya rela nebelin muka buat minjem laptop sama temen-temen cuma buat liat update-an buku-buku sekaligus nimbrung GA, Hihi. Terlebih di sini nggak ada Gramed/Toko Buku yang khusus menjual novel, yang ada cuma buku-buku pelajaran TK-SMA, jadinya ya harus ngandalin online shop seperti @pengenbuku @bukubukularis dan lainnya. Tapi tetep kok, selalu semangat bergerilya dengan buku-buku baru. :)

    Terima kasih!

    BalasHapus
  9. isyatur r
    @isya_sonmate
    surakarta

    penting ! pastinya
    karena dengan informasi yang diberikan mampu memberikan pertimbangan bagi saya dalam memilih buku mana yang harus dibeli dahulu selain itu juga dapat memberikan informasi tentang isi dari buku tersebut dengan hal tersebut setidak-tidaknya saya memiliki gambaran akan maksud dari buku tersebut bahkan mungkin saya mampu memperkirakan konflik yang akan terjadi

    - dari semua medsos yang paling utama biasanya dicari lewat google

    BalasHapus
  10. Nama:Adriani Febrina
    Twitter: @FebrinaAdriani
    Domisili: Aceh
    "Menurut kalian sepenting apakah sebuah info terbaru dari buku yang akan terbitkan oleh penerbit atau penulis favorite kalian, dan darimana kalian berusaha mencari update-an terbaru tentang buku tersebut?"
    Sepenting-pentingnya. Ngak bisa ngeibaratin kya apa, pokoknya INFO itu pentinggg banget buat aku. Apalagi info buku terbaru dari penerbit/penulis favorite aku, ngak boleh ketingggalan info sedikitpun. Biasanya aku cari update-annya dari medsos. Tiap hari pasti ngecek fb, instagram dan twitter penerbit favorite aku. Karena pasti lebih mudah dapat info2 barunya. Makanya kalo aku sampe kuota habis. Maka, habis juga dunia aku, rasanya pasti dipenuhi rasa penasaran yang tak ada habisnya.

    BalasHapus
  11. Ananda Nur Fitriani
    @anandanf07
    Bogor

    "Menurut kalian sepenting apakah sebuah info terbaru dari buku yang akan terbitkan oleh penerbit atau penulis favorite kalian, dan darimana kalian berusaha mencari update-an terbaru tentang buku tersebut?"

    Penting banget! Aku itu tipe yang suka nyerbu buku baru, apalagi karangan penulis terkenal. Rasanya itu gak sabar nyicipin karyanya! Biar gak ketinggalan juga, soalnya banyak buku bagus yang sekarang sudah sulit dicari karena terbitnya sudah lama, dan aku nyesel ga cepet cepet beli waktu lagi masa-nya.

    Info buku terbaru juga akan membuatku merasa lebih update. Rasanya senang saja begitu bisa berbagi info dengan teman tentang perkembangan buku-buku baru yang belum mereka ketahui ^^

    Maka dari itu, untuk mendapat info update tentang buku, aku biasa ngestalk twitter para penulis dan juga penerbit buku di Indonesia, gak lupa blogger nya juga. Karena mereka suka ngomongin tentang buku-buku baru. Atau ngecheck blog nya (kalau lagi banyak kuota :P), dan juga fanpage Facebook. Pokoknya gak akan ketinggalan deh kalau dipantengin terus! Kan rugi kalau sampe ketinggalan info update tentang buku ^^

    Thankyou for the giveaway :)

    BalasHapus
  12. Nama : Ahmad Rosyid Mustaghfirin
    Akun Twitter : @ahmadrosyidmus
    link share : https://twitter.com/ahmadrosyidmus/status/677484309649821696
    Domisili : Yogyakarta

    "Menurut kalian sepenting apakah sebuah info terbaru dari buku yang akan terbitkan oleh penerbit atau penulis favorite kalian, dan darimana kalian berusaha mencari update-an terbaru tentang buku tersebut?"

    Sebuah info mengenai buku yang akan diterbitkan oleh penerbit atau penulis favorit bagi saya sangat penting sekali. biasanya saya mengikuti perkembangan isu-isu dari awal ketika seorang penulis akan menerbitkan buku baru. seperti halnya tere liye, habiburrahman el-shirazy, asma nadia, pramoedya ananta toer,pak sapardi, pak tohari, dan masih banyak yg lain. ketika ada isu mengenai penerbitan buku mereka, langkah yang saya ambil adalah selalu mengikuti perkembangannya sampai menemukan kapan buku tersebut akan diterbitkan. dan yang paling saya tunggu-tunggu adalah dengna info itu saya tahu kalau akan ada promo pre-order dan lengkap dengan tanda tangan penulis. inilah yang saya tunggu-tunggu. harga diskon dapet tanda tangan penulis lagi. untuk penerbit, seperti kompas, gramedia, divapress, republika, bentang pustaka, kanisius, walaupun tidak ada kabar mengenai penulis favorit yang akan menerbitkan buku, saya selalu mencari info buku terbitan terbaru dari penerbit-penerbit tersebut. pasalnya, saya selalu ingin tahu buku apa yang akan diterbitkan, dan siapa tahu saya suka dengan buku tersebut. dan lagi-lagi adalah pasti ada harga khusus untuk buku yang baru terbit, walau hanya beberapa eksampler :D

    untuk mendapatkan info tersebut, saya "nimbrung" dengan fanspage penerbit, atau akun sosmed penerbit dan penulis, juga website mereka. sehingga lebih mudah mengikuti perkembangannya. biasanya diakun penerbit (seperti twitter) selalu diinfokan mengenai buku terbaru terbitan mereka. dan saya juga selalu mengecek website penerbit untuk mencari promo-promo harga khusus untuk buku pre-order. dan juga selalu mengecek situs beli buku online, yang saya ikuti adalah bukabuku.com dan bukukita.com, disana selalu dipaparkan buku-buku terbitan terbaru dan buku-buku yang akan terbit dengna harga pre-order. jujur, saya baru mengikuti twitter @updatebuku, dan saya berterimakasih dengan info dari blog ini yang menyaraknkan untuk memfollow akun twitter updatebuku, karena dari sana juga saya mendapatkan info update buku-buku terbaru. saya juga mencari info-info dari berita-berita mengenai update buku di search engine, dan juga dari teman-teman pecinta buku sendiri.

    BalasHapus
  13. Nama : Aulia Resky
    Twitter : @AuliaaRez
    Domisili : Cirebon

    "Menurut kalian sepenting apakah sebuah info terbaru dari buku yang akan terbitkan oleh penerbit atau penulis favorite kalian, dan darimana kalian berusaha mencari update-an terbaru tentang buku tersebut?"

    JELAS PENTING BANGET! *Capslock Jebol* sebagai pecinta buku yang sudah akut, apalagi menyangkut buku favorite yang nyelip di hati. PR pun akan di delay dan info terbaru mengenai buku kesukaan harus jadi PRIORITAS *pleaseinijanganditiru* Selain itu aku yang notabenenya merupakan penyebar info kelas atas seantero sekolah (Bukan Tukang Gosip Kok-.-) Dari yang new sampai yang hot tanyakan deh kepada ahlinya, mengenai penerbitan buku terbaru, penerbitan novel best seller, penulis terbaik dan jajaran-jajaran nama lainnya, semuanya aku tahu:3 Kan ga lucu sebagai pecinta buku tapi ga tahu apa-apa dan hanya bisa cengegesan. Aku juga salah satu ketua dari komunitas GWS (Girl Will be Success) di sekolahku. Di mana para pecinta buku apapun seperti novel, ensiklopedia, atau apapun berkumpul untuk membahas buku favorite masing-masing dan merekomendasikan buku itu ke sesama anggota. Apabila ada promo atau giveaway (intinya sih yang gratis2:v) itu bisa jadi bahan info lagi bagi teman-teman yang belum atau ingin mempunyai buku tersebut. Yaa begitulah pentingnya suatu info bagi diriku:3 maaf jika agak alay atau emang alay? Hanya sedikit antusias:v

    Kalau mendapatkan info tersebut dari media sosial si penerbit atau penulis, surat kabar, majalah, mulut ke mulut dan lain-lain. Info sih bisa dari mana saja, tergantung nyarinya dari mana-.- sekian dan arigatou gozaimasu^^

    BalasHapus
  14. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Akun twitter : @Agatha_AVM
    Domisili : Jember

    1000% penting, karena aku jatuh cinta sama penerbit dan penulisnya. Menunggu terbitan novel baru itu terutama Young Adult sama seperti menunggu kelahiran seorang bayi. Apalagi di setiap penerbit untuk kategori Young Adult selalu memberikan angin segar dan warna baru. Tema yang diangkat juga tidak melulu soal pernikahan. Young Adult juga tidak pernah pupus ditelan masa. Jadi, para penerbit dan penulis juga selalu berusaha yang terbaik demi karya mereka serta para pembaca terutama penggemarnya. Aku juga suka karena penerbit pun tidak pernah berhenti untuk membuat mataku berkilat-kilat kalau ada novel baru saja terbit. Ah ... Aku pengin.

    Nah ... Info yang aku dapatkan nih biasanya pas lagi buka twitter pasti timelineku udah penuh dengan berbagai informasi dan promosi. Setelah aku baca infonya, baru aku cari di goodreads. Untuk lebih memastikan lagi cari fanpage di FB. Apalagi kalau ada di blog tour, mataku tambah cling-cling dan semangat banget buat ikutinnya sekalian juga baca reviewnya. Jadi, malah makin tambah penasaran dan ngilerrr. Hehehheee I'm falling in love with book.

    BalasHapus
  15. Putu Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    Karangasem, Bali.

    Menurutku info tentang buku, baik yang akan dan sudah terbit itu sangat penting. Makin kenceng soundingnya, makin banyak yang tau tentang buku itu. Kemungkinan jadi bestseller juga makin terbuka lebar.
    Di twitter, aku follow banyak akun penerbit dan penulisnya langsung. Dengan baca update timeline, informasi seputaran buku udah muncul semua. Misalnya pre order, cover, blurb, quotes, info meet and greet, lelang, giveaway dan sebagainya. Selain itu, aku juga follow akun toko bukunya, biasanya sih karena gak setiap saat bisa mampir kesana jadi cek stok dulu. Kalau kehabisan baru deh pesen online.
    Dan, yang lagi hits saat ini adalah keberadaan para bookblogger. Promosi dari mulut kemulut memang masih jadi andalan hingga saat ini. Dengan sukarela, mereka membagikan kesan pesan tentang sebuah buku, tulisan mereka pun kadang sangat persuasif jadi makin pengin untuk memiliki:)

    BalasHapus
  16. Bintang Maharani
    @btgmr
    Palembang

    Penting sekali! Terutama untuk buku-buku dari penulis favorit. Sebisa mungkin saya follow semua akun personalnya supaya saya bisa tahu perkembangan terbaru tentang novel apa yang sedang ditulis atau yang akan rilis segera. Kalau dulu hanya akun penulis dan penerbit yang saya follow, kalau sekarang siapa aja blogger buku yang sering bagi-bagi event juga saya follow karena mereka sering bikin event giveaway untuk buku-buku terbaru. Kadang meski nggak ikutan kuisnya, tapi tetep suka baca-baca isi resensinya sebagai referensi aja, buku itu cocok atau nggak buat jadi bacaan saya nantinya. Akun toko buku online juga saya follow karena mereka juga yang paling sering update buku bestseller dan recommended. Tujuannya kan buat cari referensi bacaan yang bagus, jadi musti terhubung dengan banyak sumber juga. Salah satunya melalui sosial media sebagai jalan yang paling ampuh.

    BalasHapus
  17. Nama: Musdalifah Putri
    Akun twitter: @MusdalifahYeaa
    Domisili: Tangerang Selatan

    Yang namanya sebuah informasi itu penting. Terutama informasi mengenai buku baru kepadaku yang seorang pecandu buku. Info tentang buku baru seperti itu membuat yang membuat makin penasaran & ingin membelinya. Biasanya informasi itu dimaksudkan promosi penjualan, dengan berbagai metode. Informasi tentang buku baru pastinya seputar buku yang akan diterbitkan.

    Biasanya, aku mencari info itu di akun sosmed penulis maupun akun sosmed penerbitnya. Kadang aku lebih mencari info tentang buku baru tersebut setelah melihatnya di toko buku. Jika mengikuti media yang dimiliki penulis favorit itu, biasanya akan lebih banyak informasi. Informasi itu bisa kita cari dimanapun. Kadang ada virtual book yang diadakan. Cuap-cuap dengan penulis mengenai buku barunya. Atau berbagai cara lainnya yang dilakukan untuk mempromosikan. Ada juga yang buat review. Nah itu bikin penasaran setengah mati! Informasi ga hanya di tempat-tempat itu juga, bisa dicari dimanapun asal kita kreatif & tidak malas. Mana bisa seseorang yang malas bisa mendapat info kalau tidak berusaha.

    BalasHapus
  18. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Kota: Palembang

    Info-info tentang buku yang sedang atau akan terbit itu menurutku penting banget. Caranya ya dengan mengikuti atau berteman dengan semua akun penulis, penerbit, editor, tobuk online, dan para blogger buku. Kan pada sering update tuh, promosiin buku sendiri (bagi penulis dan penerbit) atau buku yang sedang di-endorse (bagi blogger buku). Soalnya gini, kalau dulu pas jamannya aku masih ngandalin toko buku buat tahu apa-apa aja buku terbaru dan tanpa nengok review sama sekali, aku sering ketipu oleh buku yang aku beli. Rugi dong, udah nyisihin duit tapi buku yang dibeli malah nggak memuaskan. Nah, sekarang aku bisa cari-cari info dari berbagai sumber. Buku ini bagus atau jelek, klop atau nggak dengan selera bacaku, gitu-gitu deh.

    Dari segala lini masaku--baik di twitter, facebook, instagram, goodreads, path, dan blog--semuanya nggak jauh dari dunia buku. Semuanya demi dapetin info sebanyak-banyaknya tentang buku, baik itu buku baru atau buku lama yang sedang diangkat kembali. Bahkan aku lebih memilih untuk follow segala akun yang berbau literatur ketimbang teman-teman sejawat di dunia nyata. Hahaha.

    Jujur aja, sekarang aku udah nggak terlalu selektif lagi dalam hal mau follow atau berteman dengan siapa di sosial mediaku, toh aku nggak pernah jadiin akunku sebagai ladang curhat, jadi nggak masalah kalau mau difollow (balik) oleh strangers. Sekarang akunku kudedikasikan untuk dunia berbukuan saja, biar total nyebur sekalian. Hehehe.

    BalasHapus
  19. Nama : Rina Eko Wati
    Twitter : @HikariMio
    Domisili : Tulungagung

    Menurut kalian sepenting apakah sebuah info terbaru dari buku yang akan diterbitkan oleh penerbit atau penulis favorite kalian, dan darimana kalian berusaha mencari update-an terbaru tentang buku tersebut ?

    Yang jelas penting banget. Apalagi saya termasuk pembaca Extrovert reader. Jenis pembaca yang suka berpetualang. Saya suka mencoba membaca banyak buku dari berbagai genre. Mencoba membaca genre baru adalah hal yang menarik buat saya, karena bisa menambah pengalaman membacanya. Jadi saya akan senang kalau ada sebuah penerbit kasih info rekomendasi buku baru.

    Selain untuk mempromosikan buku terbaru itu bagi pihak penerbit atau penulis, info itu juga sangat dibutuhkan bagi para pembaca setianya. Apalagi jangka waktu sebuah buku dipajang di rak toko buku hanya SATU BULAN. Setelahnya akan dipindah – pindah sampai akhirnya masuk ke gudang lagi. Bayangin deh! Kalau tidak ada info mengenai terbitnya buku tersebut, pembaca setianya tidak akan tahu menahu. Kerja keras dari sang editor dan juga penulis untuk menciptakan sebuah novel, sia – sia dong!

    Apalagi kalau info sebuah buku akan terbit itu dibarengi dengan event – event kecil layaknya giveaway, tebar – tebar quotes menarik, bocoran sinopsis sampai dengan ask author, makin menambah plus bagi penerbit dan penulis tentunya. Dengan adanya event tersebut, pembaca tidak hanya tahu bahwa akan ada buku yang akan terbit, tapi juga keseruan penulisannya dan juga sedikit isi dari buku.

    Pengadaan Blog Tour yang melibatkan para blogger khusus pencinta buku akan semakin menarik lagi. Para pembaca akan semakin diyakinkan akan kualitas buku dengan komentar – komentar yang akan disampaikan para blogger.

    Saya juga selalu follow Fanpage. Twitter, bahkan IG dari penerbit atau penulis tersebut. Sering juga kepoin akun sosmed mereka, jaga – jaga aja kalau sampai ketinggalan info tentang buku mereka. Dengan memfollow semua sosmed mereka saya jadi bisa terus update, terutama jika ada Pre Order buku mereka yang nggak jarang harganya agak bedaan sama bukan Pre Order, apalagi kadang juga plus ttd penulis. Sering juga buka-buka situs toko buku online yang memang selalu update buku baru. Nggak jarang juga stalking di media social milik penulisnya juga, siapa tahu ada status-status mengenai buku terbarunya yang akan terbit, lumayan lah buat nabung dulu sebelum beli #hehe.

    BalasHapus
  20. Nama: Beniyana
    Twittet: DuniaAna_00
    Domisili: Palembang

    Kalau aku sebelumnya memang sering memantau akun twitter beberapa penulis untuk mengetahui tentang buku barunya. Tapi belakangan ini, aku fokus pada akun twitter beberapa orang yang suka membaca dan mereview buku. Dari mereka justru aku bisa tahu lebih banyak tentang buku baru yang tidak hanya dari penerbit terkenal, banyak buku terbitan self publisher yang ternyata menghasilkan karya yang tak jauh berkualitas. Tapi aku tetap saja memantau penerbit favoritku. Melalui semua akun sosial yang mereka miliki, terutama twitter.

    BalasHapus
  21. Afrianti Eka Pratiwi
    @AfriantiPratiwi
    Purwokerto

    Sesungguhnya update informasi soal buku terbaru itu penting, terlebih apabila buku karya penulis favorit kita. Saya sendiri biasanya melihat update buku dari blog penerbit, maupun penulis favorit. Apabila ada waktu biasanya saya akan langsung mampir ke toko buku untuk melihatnya. Namun lebih mudahnya sih memang melalui website penerbit terkait, untuk keterangan sinopsis dan harga yang jelas pula.

    BalasHapus