Selasa, 29 Desember 2015

Review Sweet Home by Adeliany Azfar









Penulis : Adeliany Azfar
Penyunting : Yuli Yono
Design cover : Bambang ‘Bambi’ Gunawan
Proofreader : Dini Novita Sari
Penerbit : Haru
Terbit : Oktober 2014
Tebal : 360 halaman
ISBN : 9786027742413


Bagi Emily Cox, naik ke grade 11 sama dengan gejolak emosi yang tiada habisnya.
Matthew Cooper, pacar sekaligus temannya sejak kecil, memutuskan hubungan mereka. Sementara Marion-Mary-Scott, sahabat dan tetangga sebelah rumahnya, terpaksa pindah dari Sweet Home ke kota lain setelah ibunya menikah lagi.
Saat Emily menyangka kehidupannya tidak bisa lebih buruk dari itu, puluhan pesawat kertas berisi curahan hati rahasia yang ia terbangkan ke teras rumah sebelah, yang semestinya ditujukan kepada Mary, hilang tiba-tiba!
Lalu muncullah Tyler Adams, tetangga baru yang dengan seenaknya selalu merecokinya dan membuat hari-harinya semakin menyebalkan.
Apa sih sebenarnya tujuan cowok itu?


-------Sweet Home-------

 
Sweet Home, sebuah kota kecil yang terletak di kaki bukit Pegunungan Cascade di tepi timur Willamate Valley, negara bagian Oregon. Kebanyakan bangunanya berdinding kayu yang dipadu dengan batu alam atau batu kali. kota yang nyaman dan asri. Tapi tidak bagi Emily Cox, lagi.

Bahkan kini menurut Emi, sekolahnya pun tidaklah semenyenangkan dulu. putus dari pacarnya dan kehilangan Mary, sahabatnya sekaligus tetangganya itu telah pindah dari Sweet Home. Kini rumah Mary telah dihuni oleh orang baru. Itu sangat menyedihkan bagi Emi, karena dirumah itu banyak tersimpan kenangannya bersama Mary. satu kenyataan yang membuat Emi tak percaya, tetangga barunya itu, Tyler Adams. ia mengaku bahwa dirinya adalah Alien!

Tyler yang aneh dan suka mengganggu Emi, selalu membuat gadis itu kesal. tanpa ia sadari bahwa sebenarnya Tyler melakukan itu karena ada alasannya tersendiri. Apakah alasannya itu? Mungkinkah selamanya mereka tidak bisa akur?



****

 
"Asal kau tahu saja, aku ini alien yang datang dari planet yang jauh sekali dari bumi."

Ceritanya yang menggemaskan, recommended banget buat para remaja yang suka novel romance. Seperti hal judul novel ini, sweet. Ceritanya juga sangat manis dan ringan. konflik-konflik yang disajikan juga merupakan beberapa permasalahan yang sering terjadi pada semua orang. Dan aku sangat suka dengan karakter dari Tyler, orangnya yang suka bertingkah aneh atau Matt, sang mantan pacar dari Emi yang sikapnya sangat menjengkelkan. 


"Kau pasti bisa melewati masa-masa sulitmu."
 

Penulisannya yang mudah dipahami, hingga membuatku bisa mengikuti jalan cerita dengan baik, bahkan menikmatinya. Covernya yang juga ikutan manis, enak dipandang mata, dan mampu menghipnotisku untuk berkeinginan tinggal di rumah yang nyaman dan asri.

Minus dari novel ini menurutku hanya di bagian chemistry antara beberapa tokoh saja, seperti Emi dan Tyler yang mungkin kurang ditaburi bumbu-bumbu cinta untuk membuat chemistry mereka menyatu. Atau tidak adanya penjelasan secara detail tentang hubungan pertemanan antara Emily dan Mary, bagaimana pertemanan yang mereka jalin selama ini hingga membuat Emily sengsara sejak ditinggal sahabatnya pergi.

 Overall, aku suka novel ini secara keseluruhan. Keinginan dari seorang Emily mempunyai tempat tinggal yang manis, bisa bersama keluarga, sahabat dan orang yang ia cintai. 

Oh ya, Sweet Home adalah novel pemenang kedua dari event 100 Days of Romance Writting Competition 2013 yang dulu pernah diselenggarakan oleh Penerbit Haru loh. Dan judul novel dari pemenang pertamanya adalah People Like Us. Selamat membaca ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar