Selasa, 29 Desember 2015

Review Seoulmate is You by Lia Indra Andriana










Penulis : Lia Indra Andriana
Penyunting : Tia Widiana
Penerbit : Haru
Terbit : Mei 2012
Tebal : 320 halaman
ISBN : 978-602-983-255-6


Jika kebenaran itu beresiko, mampukah kau mengatakannya?

Sebagai seseorang yang diberi kemampuan bisa melihat hantu, diikuti oleh seorang hantu adalah hal yang lumrah bagi Kim Sun. Namun saat kekasihnya dibuntuti oleh seorang Hantu Rambut Mie mengerikan siang dan malam, Sun tahu ia harus melindungi kekasihnya itu.

Belum sempat mengusir Hantu Rambut Mie yang suka berteriak itu itu, Siwon—ketua organisasi ‘penyalur hantu’ bernama SeoulMate tempat Sun bekerja—mengatakan bahwa ada sebuah organisasi bernama Memory Maker yang berusaha mengacaukan kehidupan hantu dan manusia. Dan sepertinya, kehadiran Hantu Rambut Mie ini berhubungan dengan Memory Maker. Apakah itu artinya kekasih Sun juga ada dalam bahaya?

Sekarang, saatnyalah untuk memberitahu kekasihnya bahwa ia memiliki kemampuan bisa melihat hantu. Tapi, apakah itu langkah yang tepat?


-------Seoulmate Is You-------


Kim Sun kini telah resmi berpacaran dengan hantu Jang yang telah sadar dan kembali lagi ketubuhnya dan hidup sebagai manusia normal dengan nama Shin Ji Woo. Sun sangat mencintai Jang dan ia ingin mengatakan pada Jang akan rahasia yang telah ia simpan padanya. Tapi, hantu Arang muncul dan mengatakan bahwa semua itu akan berakibat buruk nantinya untuk hubungan Jang dan Sun. Akhirnya Sun mengalah, dan memilih kembali menyimpan rapat rahasia itu. Satu masalah selesai dan muncullah masalah lainnya. 

Memory MakerPencipta Kenangan— adalah sebuah organisasi yang beroperasi dan mempunyai tugas yang sama seperti Seoulmate. Perbedaannya, Memory Maker menggunakan metode dengan cara mencuri ingatan dari para hantu. Jang kini tengah diikuti oleh hantu gentayangan yang hilang ingatan, seperti yang ia alami dulu. Hantu itu sangat emosional, karena itu Sun khawatir dengan Jang, ia berusaha untuk menjauhi Jang dari hantu itu. Apalagi dengan adanya kabar bahwa hantu itu terlibat kasus dengan organisasi Memory Maker.

Siwon –ketua Seoulmate— pun menaruh rasa curiga pada organisasi itu yang cukup misterius, mungkinkah Memory Maker adalah organisasi yang jahat? Lalu rahasia apakah yang disimpan oleh Sun pada Jang?


****



Seoulmate Is You adalah novel lanjutan dari Seoulmate yang ditulis oleh Lia Indra Andriana. Novel yang kedua ini lebih seru, selain adanya konflik baru yang disajikan dalam novel ini, pendalam karakter pada beberapa tokoh di novel Seoulmate pun lebih diutamakan pada novel ini. Khususnya pada tokoh si hantu Arang dan Siwon.

"Manusia itu beruntung. Kehidupan itu anugerah  terbaik yang pernah ada. Hidup cuma sekali. manfaatkan sebaik-baiknya."

Novel ini juga mengingatkanku pada novel Haru yang berlabel J-lit dengan judulnya Bonus Track. Sedikit lucu saat aku membayangkan bagaimana jika kisah dari kedua novel ini digabungkan dan mempertemukan para tokohnya dengan karakter-karakter mereka yang unik. Pasti akan lebih seru!

Sesuai dengan judulnya, setting masih berlangsung di Seoul dan tentu saja cover novelnya yang semakin menggemaskan. Khusus untuk kedua novel sekuel ini, entah kenapa aku merasa seperti sedang membaca novel terjemahan dari negeri gingseng itu sendiri. Cara penulisan kak Lia yang kurasa cukup menarik, seperti halnya penulis korea lain yang bisa membuat para pembaca ketika membaca novel mereka dapat merasakan bahkan membayangkan kisah yang terjadi di novel ini seperti kehidupan didalam drama korea.

Secara keseluruhan aku suka sama novel ini, meskipun masih memiliki banyak kisah yang masih tidak jelas ceritanya secara pasti atau mungkin itu karena dibatalkannya rencana bahwa buku ini memiliki seri ketiganya? Tapi, semua itu bukan masalah yang penting. Karena novel ini tetaplah bagus menurutku, semuanya aku suka, cover, jalan ceritanya, konflik yang disajijkan bahkan penekanan terhadap karakter tokoh lama yang semakin membuatku gregetan dengan tokoh-tokoh utamanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar