Selasa, 29 Desember 2015

Review Ojou! by Andry Setiawan





Penulis : Andry Setiawan
Penyunting : NyiBlo
Desain cover : DedyAndrianto
Penerbit : Haru
Terbit : 2013
Tebal : 253 halaman
ISBN : 978-602-7742-11-6



“Aku benci dengan orang-orang seperti mereka.”

Higuchi Lydia tertegun begitu mendengar kata-kata dingin yang keluar dari mulut Kim Jeong, mahasiswa kedokteran sekaligus partner Hi5-nya.

Awalnya, Lydia berniat untuk hidup normal di Korea. Tetapi, kenyataan seperti tidak mengizinkannya. Setiap hari, ia diuntit sesosok pria berjas putih dan dipaksa melakukan hal-hal yang tidak disukainya.

Lydia berusaha melupakan fakta bahwa ia adalah bagian dari sebuah keluarga yang tidak akan bisa dibayangkan oleh siapapun—tak terkecuali Jeong.

Terutama Jeong.

Saat akhirnya Jeong tahu kebenarannya dan menjauhi Lydia, hati gadis itu pun berontak.

Tetapi rasa suka itu bukan buih kan?


-------Ojou!-------
  

Higuchi Lydia dan Kim Jeong adalah mahasiswa dari Kwang Han Daehakkyo. Jeong adalah orang Korea asli, sedangkan Lydia adalah orang Jepang blasteran Indonesia. Karena Lydia berasal dari Jepang, ia membutuhkan bantuan dari anggota Hi5 untuk membantunya. Hi5 adala organisasi yang didirikan untuk membantu para mahasisiwa yang berasal dari luar negeri. Dan Jeong lah anggota Hi5 yang terpilih menjadi partner Lydia, dan tugasnya Jeong adalah membuat Lydia harus merasa nyaman selama tinggal dan belajar di Korea.

Jeong dan Lydia saling suka, namun diantara mereka tidak ada yang berani untuk mengungkapkan perasaannya satu sama lain. Hingga akhirnya, saat Jeong berusaha mendekati Lydia, ia mengetahui latar belakang kehidupan Lydia, dan itu adalah sesuatu yang tidak ia sukai. Lydia adalah anak dari Higuchi Saburo, seorang pimpinan gangster yang lebih suka mengandalkan otot daripada otak

Fakta itulah yang akhirnya membuat sikap Jeong, bahkan Michelle sahabatnya berubah padanya. Apa masalahnya jika Lydia adalah anak ketua gangster, bukankah yang jahat itu adalah ayahnya, bukan dirinya. Kenapa semua orang harus membencinya? Lalu bagaimana hubungannya dengan Jeong selanjutnya?


****

 
“Aku benci dengan orang-orang seperti mereka.”

Jika kita membenci seseorang, haruskah kita membenci semua orang yang berada disekitar orang tersebut. Membenci seorang gangster, tidak semestinya membuat kita membenci gangster yang lainnya. Kita tidak tahu apa alasan mereka menjadi gangster, bahkan anggota keluarga mereka. Bagaimana bisa kita membenci semuanya begitu saja, tanpa ada alasan yang pasti.
 
 "Tidak ada yang lebih melegakan daripada mengetahui duduk permasalahan dan kemudian menyelesaikan masalah itu dengan damai."

Ojou! Novel yang berlabelkan seri Hi! Kwangdae ini merupakan buku ketiga yang ditulis oleh Andry Setiawan setelah; Then I Hate You So dan (Not) Alone in Other Land . Novel terbaru dari bang Andry adalah When The Star Falls dan Sayap-Sayap Kecil.


Aku suka dengan gaya penulisannya bang Andry, sangat deskriptif menggambarkan kehidupan Korea dan budayanya. Novel ini menceritakan tentang hubungan dua orang yang berbeda negara dengan karakter mereka yang berbeda pula. Jeong adalah pria Korea yang kalem, sedangkan Lydia dari Jepang dan digambarkan sebagai gadis yang tidak bisa diam. Chemistry mereka berdua cukup terbangun dengan baik.

Ide ceritanya cukup menarik, hanya saja konfliknya yang tidak terlalu hidup. Ceritanya menurutku terlalu banyak membahas tentang kegiatan sehari-hari. Tapi secara keseluruhan aku tetap suka ceritanya, walaupun penulisannya sedikit terasa kaku, apa mungkin karena novel ini bersetting di luar negeri. Seolah membuat novel ini adalah novel terjemahan dari Korea saja.

Nilai plus tambahannya, dari cover novel ini yang menggemaskan. Sangat mewakilkan sosok Lydia, meskipun ber-setting di Korea, tapi karena tokoh utamanya adalah orang Jepang, makanya memakai budaya Jepang. Love it!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar