Selasa, 01 September 2015

Review 4 Ways to Get a Wife -Hyun Go Wun-

Cinta…
 
Banyak jalan yang ditempuh oleh manusia untuk menemukan cinta sejatinya. Ada yang beruntung karena bisa mendapatkannya begitu saja, dijodohkan oleh orang tua misalnya. Atau bisa juga karena benang merah yang merekat di kedua insan manusia itu terbentang lurus, hingga tidak sulit untuk menemukan satu sama lain.

Tapi…

Ada juga yang merasa frustasi akan cinta sejatinya, dimana mereka harus menghabiskan begitu banyak waktu untuk mencarinya. Bukankah memang itulah cinta, butuh perjuangan untuk mendapatkannya. Tak jarang bahkan orang sudah menikah dan memiliki keturunan bisa tetap bersama. Karena itulah cinta, suatu misteri Tuhan yang sulit untuk ditebak. Karena jodoh adalah takdir yang telah ditentukan dan tak bisa diubah.
Bagaimana dengan dirimu? Sudahkah kamu menemukan cinta sejatimu? Bagaimana kamu bsa menemukan cinta sejatimu? Apakah kamu memasang sebuah iklan sayembara di sebuah Koran tentang pencarian jodoh? Haha. Itu lucu. Lalu, bagaimana jika itu nyata?






Penulis : Hyun Go Wun
Penerjemah : Putu Pramania Adnyna
Penerbit : Haru
ISBN : 978-602-7742-20-8
Terbit : Desember 2012
Tebal : 356 halaman
Rate : 4,5 / 5



WANITA YANG SUKA MEMUNGUT APA SAJA,
LELAKI YANG SELALU DITOLAK OLEH SIAPAPUN.
KISAH ROMANTIS MEREKA DALAM SEBUAH PERJANJIAN JANGKA PENDEK! 


Dicari: Istri Kontrak

Persyaratan: Usia 25-30 tahun, fisik sehat, dan penampilan rapi. IQ di atas 130. Memiliki pekerjaan tetap.

Kesepakatan: Diberikan uang kontrak dan upah per tahun standar lulusan universitas. Disediakan pakaian dan pembantu rumah tangga. Setelah kontrak selesai, akan diberikan keuntungan khusus seperti belajar di luar negeri.


Perhatian: Bukan kontrak seumur hidup. Masa kontrak maksimal 3 tahun. Kontrak akan diperbarui setiap tahun. Tidak diperbolehkan adanya kontak fisik atau keluhan apa pun.


Lampirkan CV, surat keterangan kesehatan, dan sertifikat tes IQ. Wawancara akan dilakukan setelah lulus seleksi dokumen.


####

Dunia sepertinya sudah semakin gila ketika aku melihat iklan untuk mencari'istri kontrak' yang terpasang di koran hari itu. Apalagi, adikku sendiri yang baru berumur 20 tahun, yang memiliki perbedaan umur lebih dari 12 tahun dengan lelaki itu. Benar-benar sinting.


Setelah bersusah payah menjauhkan dan menyelamatkan adikku, lelaki itu malah berkata padanya dengan wajah datar. 'Tidak ada burung pedar, ayam pun jadi.


Ayam? Siapa yang ayam? Sekarang ia malah menawariku menjadi istri kontraknya!


------4 Ways to Get a Wife-------


Kim Geon Hyeong, merupakan pewaris dari sebuah perusahaan terbesar di Korea Selatan. Tapi, karena statusnya adalah  anak yang lahir di luar nikah itu membuat Geon Hyeong harus menerima banyak kata-kata hinaan dan tatapan sinis yang terus menghantuinya sejak ia kecil. Sehingga mengubah dirinya menjadi orang yang keras kepala, bertindak sesuka hatinya dan bersikap dingin pada semua orang. Ia beruntung karena memiliki Yoo Shin Hee di sisinya.

Shin Hee, perempuan yang sejak kecil selalu menemaninya, menjaganya bahkan melindunginya dari orang-orang yang suka menganggu Geon Hyeong, termasuk keluarganya sendiri. Terbiasa bersama Shin Hee dari kecil, membuat benih-benih cinta mulai tumbuh di antara mereka berdua. Tapi sayangnya meskipun Geon Hyeong keturunan keluarga kaya, orang tua Shin Hee tidak menyetujui hubungan mereka. Ia ingin Geon Hyeong menjauhi Shin Hee demi kebaikan mereka. Dan Geon Hyeong menyanggupinya.
Shin Hee merasa itu semua sulit untuk Geon Hyeong, hingga akhirnya muncul ide gila diotaknya.

“Dunia sepertinya sudah semakin gila” ucap Kang Jung Won yang terkejut ketika membaca sebuah iklan yang tertera pada Koran hari itu, sebuah iklan yang menjelaskan bahwa adanya sayembara yang mencari seorang istri kontrak? Tentu saja yang memasang iklan itu adalah Shin Hee, tujuannya untuk mencari pasangan buat Geon Yeong.

Jung Won begitu shock karena ternyata yang terpilih sebagai istri kontrak Geon Hyeong adalah Kang Hee Won, adik kandungannya sendiri. Membuat Jung Won melakukan segala cara untuk menjauhkan adiknya dari perjanjian kontrak yang tidak masuk akal.


Sayangnya, meskipun ia berhasil tapi kini ia menjadi korbannya. Dengan terpaksa Jung Won harus menggantikan posisi adiknya itu.

Lalu bagaimana dengan dosen yang dicintai oleh Jung Woo. Apakah ia bisa melepaskannya begitu saja, apalagi setelah ia ketahui bahwa ternyata Dosen Kim adalah saudara tirinya Geon Hyeong. Dan apa yang terjadi? Kenapa dirumah Jung Won ada photo yang sama seperti photo yang ada dirumah Geon Yeong? Photo dimana ada gambar ayahnya Geon Hyeong dan Ibunya Jung Won yang sedang hamil. Apakah mereka berdua?

Awal kisah cinta yang buruk tercipta diantara Geon Hyeong dan Jung Won. Begitu banyak intrik dan persoalan kehidupan yang mesti mereka jalani. Terlebih masalah pribadinya antara Geon Hyeong dan keluarga dari pihak ibu tirinya yang tidak setuju jika Geon Hyeong yang menjadi penerus perusahaan. Lalu bagaimana nasib Geon Hyeong? Mungkinkan ia berhasil menjadi penerus perusahaan ayahnya? Akankah Jung Won bisa akhirnya bisa memenuhi semua perjanjian kontrak tersebut? Dan mungkinkah Shin Hee bisa melupakan orang yang selama ini ia cintai, Geon Hyeong?

****

Aku sangat suka novel ini, butuh perjuangan berat akhirnya bisa mendapatkan novel ini dan hasilnya juga sangat memuaskan. Meskipun sudah banyak novel bergenre romance yang bertebaran di muka bumi ini, tapi Hyun Go Wun -sang penulis- mampu menciptakan daya tarik tersendiri dalam tulisannya kali ini.

Alur Cerita, menarik. Kisah percintaannya yang begitu romantis dengan bumbu-bumbu yang terkadang membuatnya terlihat berbeda. Terkadang suka, terkadang benci bahkan cemburu. Yang jelas novel ini tidak membuat para pembaca jadi bosan, karena dalam novel ini juga menyajikan konflik yang begitu apik tidak membuat para pembaca menjadi bosan.

Penulisan, baik. Saya merasa nyaman ketika membaca novel ini. Hurufnya yang menyesuaikan, terjemahannya yang tidak terlalu rumit, dan tidak adanya typo di dalamnya.
Quotes yang masih bergentayangan di otakku adalah...

“Terkadang, ada sesuatu yang harus kita relakan di dunia ini karena kita tidak bisa mendapatkan semuanya sekaligus”

Penokohan, kuat. Karakter para tokoh di novel ini cocok banget. Penggambaran dari sang penulis yang bisa membuat aku membayangkan betapa keras kepalanya Geon Hyeon namun di sisi lain ia memiliki hati yang lembut, begitu kuatnya pendirian Jung Won, tingkah meggemaskan sang pemimpi menjadi -Miss Korea- Hee Won, orang yang begitu memiliki cinta yang kuat seperti Sin Hee, dan keluarga dari pihak ibu tirinya Geon Hyeong  yang berantusias untuk merebut tahta pewaris perusahaan, Goryeo Grup.

Cover, unik. Cover  yang lucu dan menggemaskan. Lagi dan lagi, saya angkat tangan kalau ngomongin masalah cover novel dengann penerbit haru. Karena mereka adalah juaranya. Atau mungkin itu karena saya yang telah terjangkit #HaruSyndrome ? yang jelas sekali lagi, cover novel 4 Ways to Get a Wife ini saya jamin mampu memikat para calon pembaca. Terbukti karena setelah begitu lamanya novel ini, sampai sekarang masih banyak yang mencari-cari kehadirannya. Bahkan banyak juga yang mencari penjual novel ini meskipun itu adalah #kolpri / bekas tapi tetap saja di incar. Seperti saya ^^

Recommanded, K-Lovers. Buat semua pecinta drama dan novel terjemahan korea yang romantis. Hayo deh, baca novel ini. Dijamin kalian bisa merasakan nuansa yang berbeda. Konflik percintaannya yang begitu kuat.

Dan secara keselurahn 4,5 sekala richter eummm maksudku *bintang, ku beri untuk Hyun Go Wun –Sang Penulis-,  Putu Pramania Adnyna –Sang Penerjemah- dan Penerbit Haru serta para stafnya yang telah berhasil mencetak K-Iyagi yang bagus ^^

Saya suka dengan kata-kata “Tidak ada burung pegar, ayam pun jadi”, seketika muncul bayangan Lee Yong Jae dan Han Ji Eun -Full House- di pikiranku. Bukankah kisah cinta mereka sama? Pasangan yang tercipta karena kontrak dan mereka masig-masing mempunyai orang yang di cintai.

Dan juga drama Bread, Love, and Dreams. Kisah cinta antara Kim Tak Goo - Yang Mi Sun -  Goo Ma Jun - Shin Yu Kyung. serta konflik mereka yang sama dengan perebutan tahta pewaris dimana Tak Goo sebagai calon pewaris tapi disayangkan karena dia adalah anak yang lahir di luar nikah.

Ternyata, oh ternyata novel ini telah di rilis dalam bentuk drama juga loh.


 Judulnya, Creating Destiny.

3 komentar:

  1. Review-nya keren. Komplit bingit :D :D :D

    BalasHapus
  2. Aku belum pernah baca novel Haru yang dari Korea, apalagi yang ini. Dan awalnya aku memang langsung kepikiran sama drama Full House. Tapi yang ini kayaknya lebih rumit ya masalahnya, karena bawa-bawa tahta dan keluarga besar. Masih banyak misteri yang harus dipecahkan. Kalo Full House kan cuma ngikutin aja alur cerita mereka yang tadinya berantem mulu sampe akhirnya jadi cinta.
    Hmm, boleh juga nih yang ini dijajal. Kim Tak Goo juga udah pernah nonton. Aku dan papaku suka banget drama ini karena konfliknya apik. Jadi, novel ini semacam perpaduan Full House dan Kim Tak Goo ya? Well done. Jadi makin pengin ngejajal. Hehehe :D

    BalasHapus
  3. susah dapetin bukunya....#sedihbangat
    ada yang punya buku karya Hyun Go Won yang 1% of anything ??

    BalasHapus