Senin, 19 Oktober 2015

Review P.S. I Still Love You by Jenny Han





Penulis : Jenny Han
Penerjemah : Airien Kusumawardani
Penyunting : Selsa Chintya
Proofreader : Titish A.K.
Ilustrasi Isi : @teguhra
Penerbit : Spring
Terbit : 356 halaman
Tebal : September 2015
ISBN : 978-602-71505-3-9



Lara Jean tidak mengira akan benar-benar jatuh cinta pada Peter.

Dia dan Peter tadinya hanya berpura-pura. Tapi tiba-tiba saja mereka tidak lagi pura-pura. Sekarang, Lara Jean tambah bingung dengan perasaannya dan juga dengan situasi yang dia hadapi.

Saat seorang pemuda dari masa lalunya tiba-tiba kembali ke dalam kehidupannya, percikan yang pernah dia rasakan pun kembali. Bisakah seorang gadis jatuh cinta pada dua pemuda sekaligus?

Buku ini adalah sekuel dari To All the Boys I’ve Loved Before, tempat kita bisa merasakan cinta pertama lewat Lara Jean.

Cinta tidak pernah mudah, tapi mungkin itulah yang membuatnya luar biasa.

-------P.S. I Still Love You-------

Lara Jean. Masih ragu akankah ia harus menemui Peter atau tidak. Ia harus mengetahui bagaimana hubungan mereka kini setelah beberapa waktu lalu berakhir cukup buruk. Ia ingin meyakinkan Peter bahwa dirinya percaya pada Peter dan berharap hubungan mereka akan kembali kembaik, bahkan kalau bisa terwujud ia ingin benar-benar menjalin hubungan yang sesungguhnya dengan Peter. Pacaran sungguhan. Bukan sandiwara.
Itulah yang Ia harapkan dan mungkinkah itu yang terjadi, mereka pacaran sungguhan? Karena kini mereka bisa kembali bersama. Nonton film bersama, pergi sekolah bersama, dan melakukan hal-hal lain yang biasanya dilakukan oleh sepasang kekasih. Tapi… hubungan yang baru saja mereka mulai itu kini diterpa oleh beberapa ujian yang berat. Akankah mereka bisa melewatinya bersama? Akankah hubunga mereka bisa bertahan?
****
P. S. I Still Love You adalah sekuel dari novel To All the Boys I've LovedBefore. Dimana dalam buku ini melanjutkan kisah cinta antara Lara Jean dan Peter.
Konflik dalam buku ini lebih menarik, mulai dari video hot Lara dan Peter di pemandian air panas yang tiba-tiba beredar di Instagram, hingga muculnya secara tiba-tiba surat balasan dari John Ambrose McClaren yang awalnya Lara berpikir urusan surat itu telah selesai. Dari setiap konflik yang bermunculan, dapat dirasakan betapa kuatnya chemistry antara Peter dan Lara. Bagaimana mereka berusaha untuk saling percaya dan menjaga perasaan satu sama lain.


“Jangan biarkan ini terjadi padamu, Lara Jean. Jangan terlalu serius sampai-sampai hubungan kalian tidak bisa kembali seperti semula. Kau boleh jatuh cinta pada Peter kalau kau mau, tapi berhati-hatilah dengan hatimu. Semua terasa seolah akan berlangsung selamnya, tapi sebenarnya tidak. Cinta bisa pergi atau orang-orang bisa pergi, bahkan tanpa bermaksud untuk pergi.tidak ada yang dijamin tidak akan berubah.” –Margot

Di buku P. S. I Still Love You ini menghadirkan romance story yang sangat “menggoda”, mungkin karena kini Lara merasa ia akhirnya bisa menjalani hubungan yang sungguhan dengan Peter, maka saat-saat kebersamaan mereka terasa sangat romantis, ia tidak ingin mensia-siakan setiap waktu yang bisa mereka habisi bersama.
Banyak perubahan dari karakter setiap tokoh yag cukup berkembang dengan baik, Lara yang semakin dewasa meskipun terkadang dirundung kegelisahan akan kisah cintanya apakah bisa berjalan baik. Peter yang kini menunjukkan sikap tanggung jawabnya dengan cukup bijak, dimana ia berusaha menghormati akan sudut pandang Lara yang berusaha memberikan yang terbaik untuk hubungan mereka kali ini. Bahkan dengan hadirnya John Ambrose McClaren atau Johnny yang berhasil membuatku jatuh cinta padanya. Kurasa John lebih baik dari Peter, kenapa Lara tidak bersama John saja? Apa karena John munculnya telat, seadainya John merespon surat dari Lara lebih cepat.

Tapi, dari banyaknya tokoh di buku ini aku lebih suka dengan Kitty. Sosoknya yang masih kecil sering bertindak menggemaskan sewarnya anak seusianya, namun terkadang melakukan hal-hal yang aneh dan cara pemikirannya yag terkadang dewasa.

Dan entah kenapa, dari nama Lara Jean Song Covey, aku lebih suka jika nama panggilannya adalah Covey.

Sumer gambar dari sini.
P. S. I Still Love You mengangkat kisah percintaan remaja yang manis, romantis dan unik. Kurasa buku ini cocok untuk dibaca oleh remaja dan jangan heran dengan hubungan percintaan yang mereka jalani, maksudku ini hanya sebuah buku romantis yang sangat menghibur, semoga tidak dijadikan sebagai acuan bagaimana nanti kalian akan menjalani sebuah hubungan #hahaha. Percayalah.... Hubungan percintaan hanya butuh rasa saling percaya satu sama lain. Cukup nikmati saja betapa harmonis dan menggemaskanya hubungan percintaan antara Lara dan Peter.


Sumber gambar dari sini.
Terima kasih juga untuk Penerbit Spring yang tetap menerbitkan P. S. I Still Love You dengan cover aslinya dan terjemahannya yang baik, ringan, dan mudah dipahami.

33 komentar:

  1. woww.... ceritanya menarik nih mba. :D

    BalasHapus
  2. Semakin penasaran banget tiap baca reviewnya. Gimana Lara Jean tetap bisa menjaga cintanya untuk Peter dengan adanya kehadiran Jhonny. Aaak greget. Pengin jatuh cinta juga sama Peter :D

    BalasHapus
  3. Wow,kalau dibuku ini lebih romantis & muncul tokoh baru seperti jhonny.yg pasti penasaran banget.konflik lebih seru nih.mau baca banget

    BalasHapus
  4. Konflik lebih banyak,muncul tokoh baru & lebih baik dr peter,Aku penasaran banget

    BalasHapus
  5. Siap baca reviewnya jadi makin penasaran dengan kisah selanjutnya. Hubungan lara dan peter memiliki rintangan yg sulit, bagaima cara mereka menghadapinya?? .Plisss sekuel dari 'to all the boys i've love before' ini buat aku gregettt :D

    BalasHapus
  6. Josh, John, Peter sama-sama kece kelihatannya. Pasti bakal seru deh kalau dikelilingin sama cowo-cowo baik nan romantis kayak mereka x) Mau banget baca buku ini *Lemparin PS I Still Love yOU ke aku dong

    BalasHapus
  7. Jadi kayaknya P.S I Still Love You ini satu level "diatas" dari buku sebelumnya ya? Keliatannya agak lebih dewasa atau apa xD Aku kepengin membaca langsung deh gimana sih tepatnya hubungan mereka :D

    BalasHapus
  8. Jadi, intinya di buku ini si John lebih punya peran besar dibanding buku sebelumnya, ya tho? Aaaahhh, aku suka banget kalau ada kehadiran peran baru yang bisa dijadikan trial bagi kekuatan cinta suatu pasangan, kayak si John ini. :)

    Btw, itu bukan cuma "kurasa" lagi deh. Buku ini memang cocok banget sebagai bacaan remaja apalagi genre nya memang young adult kan. Bahkan buat yang udah lewat masanya young adult juga masih cocok loh baca seri ini. Hwehehehe.

    BalasHapus
  9. Pengen baca bukunya.

    Nyari cowok kayak Peter gitu dimana ya hehe

    BalasHapus
  10. Pengen baca bukunya.

    Nyari cowok kayak Peter gitu dimana ya hehe

    BalasHapus
  11. Aaaaahhh, betapa semakin ke sini aku semakin menginginkan bukunya. Karna belum baca TATBILB jadi makin penasaran sama kisah Lara Jean.

    BalasHapus
  12. pengen bacaaaa belom ada di toko buku:((

    BalasHapus
  13. Peter kadang manggil Lara Jean pake Covey. Aku nggak bisa napas kalo bayangin Peter manggil Lara Jean pake itu di depan teman-temannya, lalu ngerangkul dia seolah emang beneran. Aku suka deh sama dua orang itu. Nggak sabar filmnya, katanya ada filmnya sih :D

    BalasHapus
  14. hmm jadi penasaran nih gimana Lara Jean dan Peter bertahan dari 'cobaan' yang datang di hubungan mereka. apa mereka akhirnya gak tahan dan putus? atau malah long lasting dan berakhir ke pelaminan? *halah kejauhan* :p can't wait to read it! semoga kesampaian baca buku ini :D

    BalasHapus
  15. Kangen sama Kitty! :">
    Aiiihhh ternyata si reviewer juga memfavoritkan Kitty di buku ke-2 ini. Kalau dulu Kitty masih gemesh gemesh imut gitu, kayaknya di sini Kitty memang sudah 'tumbuh' yaaa. Menanti aksi Johnny di buku ini, dia bisa ngapain aja yaaa demi Lara? :D

    BalasHapus
  16. Wihhhh.. Kayaknya penasaran juga sama Johny. Kayak apa ya penggambarannya???? Hihihi.. :D

    BalasHapus
  17. Aku harap kisah percintaan Lara baik baik ajaa.. Penasran nihh ama novelnya. Udah lama nunggu soalnya hihihihi

    BalasHapus
  18. Tidaaaaaaaaaaaaaaaakkkk!!!!

    Kamu rada spoiler tentang video itu nih, sayang banget padahal itu kan poin di ending TATBILB. Duuuh x_x

    Kali lain jangan bocor ya, nanti bacanya kurang greget :(

    Tapi btw, aku juga kangen Kitty sih, masih segemesin kayak di buku pertamanya nggak ya?

    BalasHapus
  19. Nice review, Tri...

    Makin penasaran baca PS I Still Love You ini dey, pengen tahu lebih banyak lagi kelanjutan hubungan Lara Jean dan Peter :)

    Wish me Luck!!!!!

    BalasHapus
  20. Menarik nih, sepertinya konflik yg dihadirkan juga lebih seru dari buku sebelumnya, tapi sama sama keren^^
    Cinta memang tidak terduga ya, tadinya hanya pura pura, eh malah pacaran beneranbeneran. Bener tuh kak, dalam menjalin hubungan harus ada rasa saling percaya untuk menjaganya supaya tetap dan akan selalu harmonis.

    BalasHapus
  21. Kisah Cinta mereka rumit, karena masa lalu membawa beban dala kisah baru.. wah makin penasaram gimana Mereka menyelesaikan masalahnya..

    BalasHapus
  22. Kisah Cinta mereka rumit, karena masa lalu membawa beban dalam kisah baru.. wah makin penasaram gimana Mereka menyelesaikan masalahnya..

    BalasHapus
  23. aku penasaran sama sosok Johnny deh, direview yg lain Johnny juga disukai :D dibuku pertama aku juga suka kitty:D menggmaskan^^

    BalasHapus
  24. Pertama kali mendengar Spring bakal merilis sekuel dari To All The Boys I've Loved Before, senangnya bukan main. akhirnya bisa melanjutkan kisah petualangan Lara Jean kembali. Most anticipating book sequel of this year! Buku yang wajib dibeli, terutama buat yg sudah membaca buku pertamanya.

    BalasHapus
  25. Bagi yang sudah jatuh cinta dengan kisah Lara (beserta surat-suratnya), pasti tidak akan melewatkan buku terbaru dari Spring ini. Membaca dari sinopsis buku ini serta review yang ditulis oleh kak Biondy Alfian, tampaknya buku ini bakal lebih seru dan penuh kejutan melebihi buku pertamanya. Semoga kisah Lara Jean bakal berakhir happy ending di P.S. I Still Love You.

    BalasHapus
  26. Kok aku malah penasaran sama John ya? Mengapa dia baru datang saat Peter dan Lara telah menjalin hubungan, alasannya apa? Hehheee
    Review kakak menurutku ringan cuma kayaknya masih belum disebutkan ya kelemahan dari novel tersebut apa. Tetap semangat ya dalam meresensi novelnya :)

    BalasHapus
  27. Ahai! Cinta segitiga bikin galau. Kalau pembacanya aja galau mau pilih Peter atau John, gimana Lara, coba?? :D

    BalasHapus
  28. Klasik tapi bikin geregetan. Dari pura-pura terus beneran cinta. Duh... baper jadinya kalo ada sua cowok ganteng disekitarmu. Pengen banget jadi Lara /tidak termasuk video hot tapi/

    BalasHapus
  29. penasaran sama ceritanya.. semoga bisa dapat novelnya, amin.

    BalasHapus
  30. dari reviewnya, rasa-rasanya Lara Jean dan Peter akan happy ending ^_^))/

    BalasHapus
  31. Kagum banget sama Margot, dia bener-bener kakak yang super perhatian. Dari reviewnya, kayaknya konfliknya semakin rumit saja ya :D Yak! Semakin penasaran, thanks yaa

    BalasHapus
  32. Baru tau kalo itu cover aslinya ><
    Reviewnya bagus, singkat dan langsung pada intinya. Tapi, kalo boleh saran tambahin dong tentang 'gimana gaya bahasanya', 'terjemahannya gimana' atau 'ada typo atau nggak' atau kelemahan buku yang lain. Itu aja sih hehe

    BalasHapus