Rabu, 21 Oktober 2015

Review Who Are You? by Lim Eun Hee




Penulis : Lim Eun Hee
Penerjemah : Vina Marlia
Penerbit : Haru
Terbit : Mei 2014
Tebal : 320 halaman
ISBN : 978-602-7742-33-8

Song Ah Ri
Siapa pria itu? Pria yang sanggup member cinta sehangat itu?
Selama ini, Ah Ri selalu bermimpi tentang seorang pria yang tidak dikenalnya. Sampai akhirnya secara tak sengaja ia bertemu dengan pria itu, dan Ah Ri pun yakin bahwa mimpi-mimpinya tersebut adalah suatu “ramalan”.

Yoon Ian
Jangan menangis lagi. mengapa kau sering sekali menangis.
Song Ah Ri hanyalah seorang gadis yag baru kemarin Ian kenal. Jadi… mengapa gadis itu bisa mengatakan suka padaya? Lalu… bagaimana ia bisa tertidur di samping gadis tersebut?

Kim Gana
Maafkan aku, Gyu Wan…

Kematian Gyu Wan teman baik Yoon Ian sekaligus kekasih Kim Gana beberapa tahun lalu masih membuat hati wanita itu terperangkap. Gana pun tidak bisa begitu saja mengaku bahwa sebenarnya Ian-lah yang ia cintai. Namun, setelah percobaan-percobaan bunuh diri Ian serta pertemuan pria itu dengan seorang gadis aneh dan mecurigakan, Gana tahu dirinya harus segera bertindak.

-------Who Are You?-------


Song Ah Ri, wanita yang gampang menangis ini sering bermimpi buruk. Mimpi yang selalu sama, mimpi dimana menampilakan sosok pria yang begitu asing baginya. Bahkan pernah  suatu hari ia bermimpi pria itu behenti detak jantungnya, membuat Ah Ri ketika terbagun dari tidurnya mnendapati pipinya basah karena air mata. Sebenarnya ia pria itu, pria tampan yang selalu hadir di dalam mimpinya.

Yoon Ian, merupakan pria keturunan orang kaya. Ia sangat terpukul setelah kehilangan teman baiknya—Gyu Wa yang sudah ia anggap sebagai hyung, kakak kandungnya sendiri. Dan ia selalu berpikir bahwa, Gyu Wan meninggal dunia karena dirinya. Karenanya Ian sering melakukan percobaan bunuh diri, namun selalu gagal. Hingga akhirnya ia bertemu dengan seorang wanita yang tiba-tiba menangis dihadapannya. Sejak saat itu semuanya berubah.

Apakah pria yang selalu dimimpikan oleh Ah Ri itu nyata?
Siapakah wanita yang mampu merubah diri Ian sejak pertama mereka bertemu?

****

Pernah memimpikan seseorang yang tidak kau kenali? Bahkan sampai muncul berulang kali di mimpi kalian, bahkan orang tersebut melakukan hal-hal yang aneh hingga membuatmu gelisah ketika tersadar dari mimpi. Apa pernah terpikirkan oleh kalian kalau mimpi itu sebenarnya bukan hanya sekedar bunga tidur namun merupakan pesan atau pertanda yang akan kau alami nantiya. Lalu, jika bermimpi tentang seseorang terlebih jika orang tersebut berbeda jenis kelamin dengan kalian, apakah itu pertanda jodoh? atau sesuatu yang lain? Membingungkan bukan. Dan itulah yang dialami oleh Song Ah Ri dalam buku Who Are You? karya Lim Eun Hee.

Buku ini cukup menarik, karena memiliki kisah percintaan yang cukup rumit antara Ah Ri-Ah Sung-Won Hee dan Ian-Gana-Gyu Wan. Disisi Ah Ri, ia diselingkuhi oleh kekasihnya, Ah Sung yang ternyata memiilih berpacaran dengan Won Hee sahabatnya Ah Ri. Sedangkan Ian, ia tidak tahu kalau sebenarnya selama ini Gana, kekasih Gyu Wan—sahabatnya yag telah meninggal dunia itu ternyata menaruh hati padanya. Namun, karena takdir yang telah ditentukan, akhirnya Ah Ri dan Ian bertemu dan saling mencintai satu sama lain. Sayangnya kali ini hubungan mereka juga tidak bisa mulus karena kehadiran Gana yang cemburu akan kedekatan mereka dan bertekad melakukan hal apa saja untuk bisa merebut Ian dari Ah Ri.

"Mungkin inilah cinta, dimana 99%-nya adalah rasa benci. Namun, sisa 1% itulah yang mampu menghilangkan semua kebencian. Berkat 1% tersebut, rasa kecewa dan benci pun memudar."

Alur Cerita. Ide ceritanya cukup fresh, berbeda dengan buku romance Korea yang biasanya aku baca. Mengangkat cerita berdasarkan dari mimpi-mimpi yang selama ini selalu menghadirkan orang yang sama dari sang tokoh utama, Ah Ri yang selalu berhasil membuatnya merasa tidak tenang. Siapakah pria yang selalu muncul dalam mimpinya? Dan kisah masa lalu Ian yang terpukul akan kematian sahabatnya. Kisah di buku ini cukup romantis, dengan dibumbui dengan kehadiran orang ketiga dimana sosok Gana yang merupakan konflik terbesar membuat ceritanya semakin menarik dan seru.

"Jangan hanya jalani cinta yang menyedihkan… Kalau terlahir kembali, kumohon jangan hanya jalani cinta yang menyedihkan."

Karakter. Sosok Ah Ri disini sangat menyebalkan, kenapa ia terlalu mudah untuk menangis. Walaupun sebenarnya karena tangisannya itulah ia bisa menjadi dekat dengan Ian. Tapi perubahan sikap Ah Ri yang akhirnya berusaha untuk menjadi dewasa merupakan perkembangan  yang cukup baik. Dan Ian, meskipun ia terkadang terlihat manis dan menyenangkan tapi sosoknya yang sulit membuat keputusan membuat karakternya terliihat begitu lemah. Gana yang tegas, teguh pendirian dan mempunyai keyakinan untuk melakukan hal apa saja untuk mendapatkan apa yang ia mau. Meskipun itu maah terkadang membuatnya terlihat begitu menyedihkan. Won Hee, sahabat yang begitu setia, penuh perhatian dan kasih sayang, dan ia juga sangat dewasa.

Terjemahan. Easy going. Cukup mudah untuk dimengerti. Sayangnya memiliki beberapa typo yang cukup menarik perhatian, ada yang salah dalam pengetikan, kekurangan bahkan kelebihan huruf. Contohnya nama Gyu Wan yang di tulis menjadi Gyu Won, pada halaman 134-136. Hal 147—Bicara seharusnya Bicara, hal 129—dbawanya seharunya dibawanya, di hal 191—terjadi double kata ini ini dan beberapa kesalahan kecil lainnya yang tidak mampu mempengaruhi bagusnya jalan cerita.

Covernya juga menarik. Cukup menggambarkan isi buku. Warnanya yang cukup simple dengan gambarnya yang mewakili Ah Ri dan Ian.

Buat kalian pecinta novel-novel Korea!! Baca deh buku satu ini, jangan mau ketinggalan sama kisah cinta yang seru dan unik dari Song Ah Ri dan Yoon Ian. Dan dapatkan jawaban kenapa Ah Ri bisa selalu memimpikan Ian atau sebaliknya, kenapa Ian selalu muncul di mimpi Ah Ri? Ayo dibaca ya... dibaca... ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar