Senin, 26 Oktober 2015

Review When The Star Falls by Andry Setiawan




Penulis : Andry Setiawan
Penerbit : Haru
Terbit : Oktober, 2015
Tebal : 204 halaman
ISBN : 978-602-7742-58-1


Tahu, tidak bintang itu cahaya masa lalu?
Bintang itu, adalalh orang yang mati yang meninggalkan seseorang yang ia cintai di bumi

Lynn, boleh kan aku mengingatkanmu sekali lagi tentang kita?
Tentang bagaimana kita bertemu.
Juga tentang bagaimana kita bertengkar dan berbaikan.
Lalu tentang ciuman pertama kita, dan juga tentang perjalanan kita selama ini.

Aku hanya berharap, besok kau tidak melupakannya lagi.
Karena itu, aku tulis semuanya di buku ini.
Agar saat kau lupa, kau bisa membukanya lagi dan membacanya.
Tentang kita.

Sampai salah satu dari kita menjadi bintang.
Sampai bintang itu jatuh dan menjemput salah satunya.

Bintang terjatuh karena ia mengejar orang yang dicintainya, yang sudah menyusul dirinya.

-------When The Star Falls-------

Samuel, pria yang tengah menginjak usia 21 tahun yang biasa disapa Sam ini, harus menerima kenyataan pahit yang menimpa dirinya. Dimana saat itu, Lynn—kekasihnya yang baru saja tersadar pasca operasi pengangkatan tumor otaknya mengalami amnesia, ia kehilangan ingatan tentang beberapa hal yang sangat berarti baginya, terutama ingatan tentang Sam.

Secara perlahan, Sam membantu Lynn untuk mengingat kembali ingatan tentang dirinya, semua kenangan-kenangan yang mereka lalui bersama satu per satu ia kisahkan kembali pada kekasihnya itu. Meskipun itu cukup sulit, tapi Lynn berusaha keras untuk mengembalikan lagi ingatannya tentang Sam. Tapi sayangnya, ditengah usaha Lynn yang begitu gigih itu. Sam merasa semua akan percuma saja, ia berpikir itu hanya akan menyakiti Lynn saja, jika ia terus memaksa agar ingatan pacarnya itu harus kembali. Terlebih ketika hadirnya sosok Billy dan Leon—teman Lynn yang menurut Sam lebih pantas berada disisi Lynn. Apakah Sam akan benar-benar akan meninggalkan Lynn begitu saja? Apa dia tidak ingin Lynn mengingat kembali masa lalunya bersama Sam?

****

Jika sudah memiliki orang yang dicintai dengan segalanya jiwa dan raga, maka pasti sulit untuk melupakannya begitu saja. Apalagi harus mennggalkannya jika orang yang kita cintai itu sedang mendapat sebuah masalah yang cukup besar. Mestinya dengan penuh cinta dan kesabaran, kita pasti akan selalu berusaha untuk berada disisinya, membantunya dengan segala hal yang bisa kita lakukan sebaik mungkin.




Kurasa itulah semestinya yang dilakukan oleh sepasang kekasih, namun kenyataannya itu tidak terjadi pada Sam dan Lynn. Sam yang seharusnya setia untuk selalu menemani Lynn dalam masa-masa sulitnya untuk mengingat kembali ingatannya yang hilang, dirundung banyak kegalauan ditengah-tengah perjuangannya. Banyak hal yang terus saja membuatnya ragu untuk melakukannya? Apa benra itu harus dilakukan atau tidak?

Dengan sikap Sam seperti itu, menurutku dia adalah pria yang sangat menyebalkan. Sulit untukku membayangkan bagaimana bisa Lynn begitu sangat mencintainya. Orang yang keras kepala, selalu berpikiran negative, penuh keraguan, dan sangat egois. Terlebih ketika cerita mengungkap masa lalu mereka dimana Lynn yang selalu menjaga Sam. Tapi, diluar sikapnya yang mengesalkan itu aku berpikir kalau Sam termasuk dalam kategori orang yang romantis, karena adanya untaian kata yang begitu manis sering ia sampaikan disela cerita yang dramatis ini.

 Ini buku pertama bang Andry yang ku baca sampai habis, walaupun sebenarnya ada punya buku Alone In Other Land juga karyanya bang Andy, kak Lia dan kak Fei. Tapi karena buku itu lebih membahas tentang bagaimana hidup di kota-kota besar yang banyak jadi incaran remaja untuk jadi tempat wisata liburan, Korea, China dan Jepang. Dan di buku itu bang Andry memegang andil kota Jepang. Secara detail aku belum membaca buku itu. Karena lagi fokus baca novel, nanti kalau sudah kubaca akan ku buat resensinya secara detail.

Kembali ke buku When the Star Falls, yang dengan cukup apik ditulis oleh bang Andry dengan segala keunikan yang membuat buku ini beda dengan buku romance terbitan haru lainnya yang kebanyakan hasil dari terjemahan Negara besar asia lainnya. Kenapa aku bilang unik?karena biasanya ketika aku membaca buku dengan unsur romancenya biasanya akan menghadirkan tokoh utamanya wanita yang begitu mencinta kekasihnya yang mempunyai wujud begitu sempurna, tampan, baik, kaya raya dan nilai plus lainnya. Berbeda dengan buku ini, yang diceritakan melalui tokoh utama Sam yang sudah kugambarakan bagiamana sosoknya di awal resensi ini, dan cukup andil menurutku untuk mengimbangi sosok Sam, penulis memberikan tokoh pendamping yang diisi oleh Lynn, yang lebih membantu untuk mendalami makna dari buku ini.

Dan secara keseluruhan aku sangat suka buku ini, benar-benar membuatku hanyut dalam perasaan yang menenggelamku dalam kesedihan, emosiku begitu terasa dipermainkan, twistnya yang menarik, bahkan sampai pada akhir cerita sukses membuatku speechless. Sedikit kekurangan dibuku ini, jalan ceritanya yang menurutku sedikit lambat dan setting tempatnya yang kupikir kurang begitu meyakinkan, mengingat nama para tokoh yang begitu kece sangat diragukan jika latarnya merepukan kota kecil di Jawa Timur. Sisanya adalah nilai lebih dari untuk buku ini, karakter para tokoh yang mengalami peningkatan cukup baik, konfliknya yang aku yakinkan bisa membuat para readers jadi terbawa suasana, bisa ikut merasakan betapa besarnya perasaan cinta mereka satu sama lain. Perjuangan mereka dalam mempertahakan hubungan. 

Covernya… mengingatkanku akan symbol Dreamworks production, hehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar