Senin, 08 Juni 2015

Review -The Chronicles Of Audy: 4R- by Orizuka


 



Judul : The Chronicles Of Audy 4R

Penulis : Orizuka

Penerbit : Haru

Tebal: 320 Halaman

Terbit : Juli 2013

ISBN : 978-602-7742-21-5


Hai, Namaku Audy. Umurku 22 tahun.

Hidupku tadinya biasa-biasa saja, sampai kedua orangtuaku jatuh bangkrut karena ditipu.

Aku hanya tinggal selangkah lagi menuju gelar sarjanaku. Selangkah lagi!

Tapi kedua orangtuaku rupanya tega merusak momen itu. Jadi sekarang, di sinilah aku berada. Di rumah aneh yang dihuni oleh 4 bersaudara yang sama anehnya: Regan, Romeo, Rex dan Rafael.

Aku yang awalnya berpikir akan bekerja sebagai babysister, dijebak oleh kontrak sepihak dan malah dijadikan pembantu!

Terdengar klise?

Mungkin, bagimu. Bagiku? Musibah!

Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang mendadak jadi ribet. Kronik dari seorang Audy.


-------THE CHRONICLES OF AUDY: 4R-------


Sudah waktunya buat me-Review novel kece kak Orizuka yang belakang ini sedang di gandrungi oleh para remaja karena sekian lama menunggu akhirnya seri ke 3 novel ini akan  segera terbit pertengahan bulan Juni ini. Bayangin aja, bukunya sudah masuk ke seri 3 dan aku baru selesai membaca bukunya yang  PERTAMA!! Mengesalkan, bahkan sempat membuatku jadi linglung, apa yang harus aku lakukan dengan kondisi keuangan yang pas-pasan mana bisa aku memborong buku kak Ori sekaligus 3 agar jiwa penasaranku terobati. Tapi apa daya akhirnya aku pasrah dan berdo’a semoga rezeki ku diperbanyak oleh Allah swt.

Dan Alhamdulillah banget, meskipun bukan buku pribadi alias pinjaman dari teman. Tapi aku sudah merasa bangga banget dan berterima kasih banget sama malaikat tanpa sayap ku itu, yang akhirnya dengan ikhlas dan berbaik hati merelakan koleksi buku harunya untuk aku pinjam, hehe.

Novel ini berkisah tentang kronik kehidupannya Audy Nagisa, gadis berusia 22 tahun. Audy merupakan tokoh utama yang membuat saya jatuh hati pada novel ini. Penggambaran karakter seorang Audy disini sangatlah kuat, membuat novel ini jadi sangat menarik. Audy yang merupakan pekerja keras, cerewet dan tipe orang yang kritis, dia selalu memikirkan semua hal yang sederhana menjadi sangatlah ruwet.

Audy merupakan salah satu mahasiswi tingkat akhir UGM yang baru saja merasakan kebahagiaan saat mengetahui nilai IPnya adalah 3,7. Tapi sayang, nasibnya tidak seindah apa yang ia bayangkan. Bahkan gelar sarjana yang sudah didepan mata harus tertunda karena nasib buruk yang mesti ia terima. Ya, nasib yang tak pernah sekalipun terlintas dibayangannya. Kedua orangtuanya yang polos tertimpa musibah, mereka tertipu bisnis investasi bodong. Dan itu membuat Audy harus menerima kenyataan bahwa ia akan bekerja sebagai Babysister demi mendapatkan uang untuk membiayai orangtuanya dan membayar uang kosnya yang sudah menunggak selama 3 bulan.

Menjadi babysister? Itu keterangan yang ia dapati dari info lowongan pekerjaan, yang nyatanya adalah Audy harus bekerja lebih dari seorang pengasuh bayi. Dia harus menelan kenyataan pahit bahwa kini ia pun telah ditipu oleh majikannya sendiri dan karena otaknya yang hanya fokus pada uang gaji yang dibayar di muka, membuat Audy khilaf untuk tidak membaca isi keterangan kontrak perjanjian yang jelas-jelas disana tertulis bahwa tugas Audy tidaklah hanya menjadi seorang pengasuh bayi, tapi ia juga bekerja sebagai seorang PEMBANTU!! Pembantu di sebuah rumah yang terlihat sangat menyeramkan, dari luar. Namun nyatanya tak seburuk itu. Karena ternyata sang penghuni rumah ini adalah kumpulan 4R cowok bersaudara yang sangat tampan dan jenius. Regan, Romeo, Rex dan Rafael.

Regan, kakak tertua. Dia adalah seorang pengacara, ganteng, berwibawa, teliti masalah keuangan dan tegas.
Romeo. Cowok yang cerdas, cuek, pemalas, takut air, gamer, jarang mandi dan ketombean.
Rex, 17 tahun. Anak SMA yang hobi baca, suka makan sayur, pintar masak, sensitive dan dia punya penyakit asma.
Rafael, si bungsu. Meskipun ia baru berusia 4,5 tahun tapi ia terlihat lebih dewasa dari usianya.

Awalnya Audy memang kesal dengan kebodohannya sampai-sampai tidak sadar bahwa ia telah ditipu, hehe. Tapi lambat laun Audy pun tertarik untuk mengenal lebih dalam lagi para majikannya itu dan berusaha menjadi bagian dari mereka ber 4. 4R1A.

Aku sedikit tidak mengerti akan masalah romansa percintaan yang disuguhkan di novel ini. Meskipun ini adalah cinta diam-diamnya seorang Audy pada Regan, tapi aku tidak bisa merasakan betapa besar rasa cintanya Audy pada majikannya itu. Apa itu hanya sekedar rasa kagum saja? Tapi bagaimana Audy bisa merasakan begitu sakit hatinya saat ia tahu bahwa cintanya itu hanyalah bertepuk sebelah tangan.

Well, untuk keseluruhan, aku  sangat menyukai novel ini ^^ Sederhana tapi mengagumkan!! Meskipun tokoh didalam novel ini banyak tapi kak Ori jenius bisa membagi part yang pas untuk setiap tokoh. Bahkan bisa membuat aku memahami karakter setiap tokoh dengan baik.

Alur ceritanya seru, meskipun hanya membahas mengenai kehidupan sehari-hari dan pengisahan cerita hanya bersumber dari sudut pandang pertama, yakni Audy. Tapi berhasil membuat aku semakin terpikat dengan 4R bersaudara. Bahkan mendekati akhir halaman, aku jadi semakin jatuh hati pada mereka. Sulit untuk memutuskan pada siapa aku akan menautkan hati ini. Sukses buat kak Ori yang berhasil membuat aku terharu dan terkagum-kagum pada cerita novel ini.

Banyak pesan moral yang disampaikan, membuat novel ini semakin berkesan dan membekas dihati para pembaca. Tak luput dari  kejenakan, novel ini juga diselengi dengan beberapa sentuhan humor yang terkadang membuatku ketawa sendiri, hehe.

Ngak sabar buat melahap novel seri ke 2 dan 3 nya The Chronicles of Audy!! Semoga semakin membuat aku jatuh cinta pada 4R ^^ Oh ya, lalu Audy gimana bakalan jadi Sarjana ngak ya?? Eum....

Novel ini pas banget buat kaum remaja yang lagi sibuk kebingungan mikir ngatur jadwal liburan sekolah nanti mau ngapain? Enakan dirumah aja ya, baca novelnya kak Orizuka yang beren ini. Masih ada lagi novel keren lainnya terbitan Haru yang pas buat nemenin masa liburan panjang kamu, sambil nunggu waktu buka puasa daripada bengong atau jalan-jalan ngak jelas tujuannya kemana.

Atau selama liburan baca buku kak Orizuka sambil ngebantuin orangtua nyuci, nyapu, nyiram tanaman, atau bahkan jadi babysisternya adik kamu. Hehe.

Selamat liburan!!

Uniknya novel kak Ori kali ini adalah dari cover dan pewarnaan pinggiran paper kertas yang unik. setiap seri berbeda loh.


Lucu kan.. Covernya juga menggemaskan banget. pengen di ajak pulang kalau lagi ke Toko Buku, hehe.
Selain cover dan paper, adalagi nih yang unyu... Bookmarksnya.. ada 4 seri disetiap jilid buku The Chronicles of Audy, jadi maksudnya tiap kamu beli buku Audy ini bisa dapet bookmarksnya beda-beda loh, ada Audy, Regan, Romeo, Rex, dan Rafael, hehe.


Nanti kuusahakan review Audy 21 nya secepat mungkin, biar kalian ngak penasaran ^^



Apa kalian bisa membayangkan kira-kira kalau dikehidupan nyata mereka seperti siapa ya?
Ntar di review Audy berikutnya bakal aku mencoba buat Audy versi nyata hasil penelitianku ya, hehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar